Skincare Diet Challenge


Tepat 8 September kemarin, saya mencoba untuk melakukan skincare diet challenge. Alasannya karena beberapa tahun terakhir ini saya berhenti ke Dokter kulit dan mencoba untuk menjaga kesehatan kulit saya sendiri dengan bantuan korean skincare products. Setelah beberapa tahun mencoba berbagai macam produk, saya malah merasa terlalu banyak coba-coba, dengan berbekal research dan nonton video-video beauty influencer di Youtube.

Sampai saya sadar bahwa saya punya banyak serum, essence, masker, toner dan moisturizer yang tidak pernah habis saya pergunakan, alasan utamanya karena setelah dipakai hampir setengahnya tidak ada perubahan yang berarti. Kemudian saya coba produk yang lain. Begitu terus sampai beberapa produk tetap ada di Kamar cuma memenuhi tempat. Nah, setelah lama menonton video-video dari Liah Yoo mengenai Skincare dan bahan-bahan apa yang terkandung di dalamnya, saya jadi tertarik untuk melakukan skincare diet challenge ini.

Intinya skincare diet challenge adalah mencoba meminimalisir penggunaan skincare, karena banyak dari kita terlalu berharap dari sebuah produk skincare, entah itu untuk mencerahkan kulit, untuk menghilangkan kerutan, menghilangkan noda, jerawat, dll. Kita merasa semakin banyak produk yang kita gunakan maka akan semakin baik hasilnya. Apalagi beberapa tahun belakangan ini trend 10 Step Korean Skincare lagi booming banget.

Saya sendiri bukan anti pada 10 step tersebut, saya justru merasakan manfaat dari melakukannya, tapi saya merasa kebanyakan dari kita pada akhirnya terlalu berharap pada sebuah produk dan tidak menikmati lagi melakukan prosesnya. Saya ingin-minimal untuk diri saya sendiri-kembali merasa skincare itu sesuatu yang fun untuk dilakukan dan tidak ada aturan yang terlalu strict dan merasa bersalah kalau tidak melakukan sesuai dengan yang ‘seharusnya’. Skincare itu menyenangkan dan berapapun stepnya asalkan itu sesuai dengan fungsi dan bermanfaat untuk kulit kita maka, lakukan!

Tolong perhatikan jenis kulit saya itu oily dan acne prone with adult acne. Skincare routine saya pada skincare diet challenge ini hanya contoh dari jenis produk yang saya gunakan saat ini, bisa saja berubah dikemudian hari (dan pada kenyataannya berubah sebelum challenge selesai)

AM Routine
▪ Neogen Real Fresh Cleansing Stick Green Tea
▪ Son & Park Beauty Water
▪ The Saem Jeju Fresh Aloe Soothing Gel + The Body Shop Tea Tree Oil (mixed)
▪ Innisfree Perfect UV Protection Cream Long Lasting for Oily Skin SPF 50

PM Routine
▪ Banila Co Clean It Zero Pink (I ran out my Purity ones)
▪ Neogen Real Fresh Cleansing Stick Green Tea
▪ The Saem Jeju Fresh Aloe Soothing Gel + Organic Supply Co Rosehip Oil (mixed)

Pada kenyataannya setelah hampir seminggu melakukan skincare diet, saya baru tersadar saya itu addicted pada serum, dari 30 hari ada beberapa hari saya ‘cheating’, yang pertama saya pakai obat jerawat saya yang isinya Salicylic Acid, kemudian kali berikutnya saya pakai serum Vitamin C, selebihnya saya bebas bahan aktif. Saya sering merasa saya akan breakout kalau saya tidak menggunakan serum jadi ada dorongan dari diri saya untuk menggunakan serum padahal faktanya adalah dalam 30 hari saya melakukan skincare diet saya hanya breakout karena It’s That Time of The Month, kurang tidur dan stress dari tugas yang banyak. It’s about my hormones. Jadi skincare itu membantu, tetapi bukan sesuatu yang wajib dilakukan. It’s okay to have a break from time to time.

Fakta yang kedua adalah setelah libur 30 hari dari bahan aktif seperti Vitamin C, Salicylic Acid, Retinol, dll, sekarang ketika menggunakan produk dengan kandungan itu kulit saya terasa lebih cepat bereaksi. Sebelumnya kulit wajah saya seperti jenuh karena terlalu sering menggunakan bahan aktif tersebut. It’s a bonus! Oh iya, diminggu ke-2 skincare diet saya mengganti water based cleanser saya karena Neogen saya jatuh sampai rusak dan kotor jadi tidak saya gunakan lagi, saya ganti dengan Innisfree Apple Seed Deep Cleansing Foam dan toner yang saya gunakan juga berubah menjadi Innisfree Green Tea Fresh Skin, untuk toner tidak ada alasan khusus, hanya saya menggunakan Son & Park Beauty Water untuk refill facial mist saya tidak lagi saya gunakan sebagai toner harian.

Sejauh ini sih saya suka dengan skincare diet ini. Saya hanya menggunakan Cleansers – Toner – Moisturizer (+Oil) – Sunblock. Penambahan Rosehip Oil pun banyak membantu meregulasi minyak pada wajah saya dan membuat kulit saya lembab. My skin loves it dan mulai sekarang saya hanya akan menggunakan satu bahan aktif setiap kali pemakaian jadi kulit saya akan lebih mudah beradaptasi. Untuk mengetahui tentang skincare diet challenge ini kalian bisa cek Youtube Channel Liah Yoo disini. Kalau kalian mau tau lebih banyak tentang face oil yang cocok untuk kalian bisa lihat disini. Satu hal yang terpenting adalah kenali masalah kulit kamu and add active inggredient one at a time.

 

Good luck and be positive ❤

Tinggalkan Balasan

