Tips Jalan-Jalan ke Jepang


Untuk teman-teman yang berencana jalan-jalan ke Jepang, ada baiknya perhatikan beberapa tips yang akan saya bagi dibawah ini, siapa tau ada yang bisa dicontek nih tipsnya untuk persiapan jalan-jalan kesana apalagi kalau kalian jalan-jalan sendiri tanpa travel agent.

  1. Berkemas secukupnya. Ada banyak alasan kenapa lebih baik bawa barang sedikit saja, salah satunya adalah bisa menghemat biaya bagasi, apalagi kalau naik budget airlines. Berikutnya adalah karena jika nanti berencana menggunakan transportasi umum semisal metro/subway, percayalah, akan sangat menyulitkan naik turun tangga untuk transfer sambil bawa barang yang super banyak. Kecuali, sudah berencana menggunakan taksi atau semacamnya. Alasan berikutnya adalah, berkemaslah secukupnya karena akan sangat disayangkan kalau ke Jepang tidak beli pakaian disana, hehehe. *peace*
  2. Catat apa saja yang akan dibawa. Misalnya pakaian apa saja yang akan dikemas, dokumen apa saja yang harus dibawa, untuk wanita makeup/toiletries apa saja yang perlu di pack. Dengan mencatatnya, kemungkinan kita melupakan suatu barang akan semakin kecil, jadi pikiran bisa tenang dan tidak stress karena kelupaan sesuatu.
  3. Gunakan Pocket Wifi. Banyak penyedia layanan rental pocket wifi, silakan dipilih sesuai budget dan lama waktu tinggal di Jepang. Pengalaman saya kemarin dengan hanya mengandalkan free wifi dari Convenience Store itu sedikit merepotkan. Sehingga lebih baik meminjam pocket wifi agar bisa membantu kelancaran perjalanan kita. TAPI jika ingin menghemat budget tentu pocket wifi ini bisa saja tidak kamu alokasikan dananya, hanya perlu diingat cari sedetail mungkin informasi tempat yang akan kamu datangi dan save secara offline kalo bisa.
  4. Beli kartu transportasi. Banyak macam kartu transportasi di Jepang, kalian bisa pilih salah satunya. Ada Suica, Icoca, Pasmo, dll. Kalau kalian masuk Jepang lewat Osaka kartu tranportasinya Icoca, tetapi jika di Tokyo bisa gunakan Suica, Pasmo, dll. Semua kartu ini bisa digunakan di semua line metro/subway. Jadi jika kalian membeli kartu Icoca di Osaka dan melanjutkan perjalanan ke Tokyo jangan khawatir kartunya masih bisa digunakan.
  5. Gunakan Google Maps. Untuk mengetahui rute metro/subway bisa menggunakan aplikasi, tetapi Google Maps juga tidak kalah bagus dan bahkan bisa jadi lebih rinci karena sudah ada kisaran harga yang akan kita bayarkan, jadi kalau saldo di kartu sudah mau habis kita bisa segera mengisi menyesuaikan dari perkiraan di Google Maps.
  6. Selalu bertanya ke Petugas di dekat pintu masuk stasiun untuk menghindari kesalahan masuk stasiun (misalnya harusnya masuk JR Line tapi malah masuk ke stasiun di Keio Line) dan pastikan tanya di platform nomor berapa menunggu keretanya (misalnya tadinya mau ke arah Ikebukuro karena berdiri di platform yang salah malah ke arah Harajuku, mending kalau Yamanote Line karena dia trayeknya muter gitu kalau yang lain bisa susah juga, hehehe)
  7. Simpan Gambar Monumen/Tempat yang akan dikunjungi, Barang yang ingin dicari, Makanan dan minuman yang ingin/tidak boleh dimakan, alat transportasi yang akan digunakan (seperti willer bus) agar memudahkan saat bertanya, terkadang walau bisa berbahasa Inggris karena pelafalan yang agak berbeda jadi tidak dimengerti. Saya punya pengalaman tentang ini, sehingga lebih baik menunjukkan gambar daripada salah kaprah.
  8. Menghemat uang dengan makan di Convenience Store. Di Jepang C-Store sangat lengkap dan banyak sekali ragam makanan yang bisa dipilih, dari mulai salad sampai suki semua ada. Onigiri pun banyak pilihannya, dari yang tidak ada isinya sampai yang isinya 1 buah telur yang super besar.

Sampai disini dulu pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang akan traveling ke Jepang. Jika ada tips lainnya tentu akan di update di post selanjutnya. Have a great traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s