Take me there

Budget Traveling to Seoul (Part 5 – Apply VISA Korea Selatan)


Bagian paling menegangkan dari mempersiapkan perjalanan keluar negeri untuk saya adalah aplikasi Visa. Kenapa? Karena ini adalah pertama kalinya saya pergi ke luar negeri dan negara tujuannya pun mewajibkan saya memiliki Visa untuk datang kesana. Boleh dibilang saya bener-bener amatir dalam hal per-visa-an ini.

Banyak kekhawatiran dan ketakutan karena post-post dari blogger lain tentang pengalaman mereka mencoba apply Visa Korea Selatan sangat beragam, ada yang mudah, ada yang sulit, ada yang berkali-kali apply baru bisa dapet Visanya dan yang paling bikin parno adalah kata-kata hanya Tuhan dan Kedutaan yang tahu apakah Visa kita akan di approve atau tidak. BAM! beneran bikin hati ciut.

Tapi, persiapan setahun lebih akan sia-sia kalau kami mundur sekarang. Kami harus yakin dan mempersiapkan semuanya dengan baik & hati-hati. Jika semua persyaratan sudah kami penuhi dengan baik itu sudah cukup. Hasilnya tergantung rezeki kami. Kalau memang itu rezeki kami Insyaallah akan dimudahkan.

Sebelum mencoba apply Visa kami mengadakan rapat untuk pertama kalinya membahas syarat-syarat dan persiapan apa yang harus kami lakukan. Kami banyak membahas Itinerary, budget, syarat-syarat tambahan yang akan meyakinkan pihak kedutaan dan persiapan kami meminta izin Kepala kami dan bank untuk surat rekomendasi mengingat ini pertama kalinya kami ke negera bervisa. Berikut adalah dokumen yang kami lampirkan saat mengajukan Visa.

1. Formulir Visa Korea Selatan (kalian bisa download dan print sendiri dirumah atau mengisi langsung di kedutaan)
2. Paspor Asli + Fotocopy bagian depan dan belakang
3. Pas Photo berwarna latar putih ukuran 3 x 4 untuk ditempel di formulir visa
4. Fotocopy KTP (depan belakang)
5. Fotocopy Kartu Keluarga
6. Fotocopy Akta Kelahiran
7. Surat rekomendasi dari atasan langsung tempat kita bekerja (asli)
8. Slip Gaji 3 bulan terakhir/Rincian Gaji/SPT
9. Fotocopy NPWP (depan belakang)
10. Fotocopy Surat Asuransi Hari Tua (bila ada atau dokumen sejenis)
11. Surat referensi bank (asli) + Rekening koran 3 bulan terakhir
12. Invoice booking tiket pesawat PP
13. Invoice booking hostel
14. Itinerary
15. Perhitungan budget perjalanan
16. Fotocopy kartu pegawai/kartu nama/dan semacamnya
17. Fotocopy surat pengangkatan kerja (tidak untuk wiraswasta)

Secara garis besar itu adalah dokumen yang kami sertakan saat mengajukan visa dan dokumen diatas bisa kalian tambah atau kurangi sesuai kebutuhan masing-masing. Seperti kalau mahasiswa gunakan surat keterangan dari kampus, kalau pergi tanpa suami sertakan surat izin dari suami, periksa juga masa kerja yang dicantumkan di surat rekomendasi jangan sampai salah menghitung atau beda tanggal pengangkatan, dll. Kedutaan Besar Korea Selatan ada tepat disebelah RS. Medistra alamatnya Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950 ketika datang kita langsung ke gedung belakang Consular Section setiap hari Senin – Jumat pukul 08.30-11.00 WIB kalau waktu pengambilan visa setiap Senin – Jumat pukul 14.00-16.00 WIB, biasanya butuh 5 hari kerja dan sebelum ambil sebaiknya telpon dulu untuk konfirmasi apakah visa kita memang sudah selesai atau belum.

Alhamdulillah dengan susah payah akhirnya sampai juga di Kedutaan dan kebetulan antriannya tidak lama, setelah mengisi formulir visa (lagi) di kedutaan karena salah memasukkan lama tinggal disana saya kemudian menunggu giliran dipanggil, tidak lama hanya setengah jam kami sudah beres memasukkan pengajuan visa kami dan membayar Rp 480.000 untuk single visa untuk satu orang. Seminggu kemudian dengan penuh rasa was-was karena sudah bulak-balik telpon visa kami belum terkonfirmasi selesai padahal kami dari Bandung dan sudah terlanjur izin. Alhasil dengan membulatkan tekad sambil terus berdoa kami pergi ke Jakarta dan ternyata visa kami di approved dan sudah bisa diambil, alhamdulillah. Rasanya seperti mimpi, pengen nangis tapi kita juga kayak yang mati rasa. Bener-bener campur aduk. Rasanya tidak nyata, seperti mimpi. Akhirnya kami bisa ke Korea…. AAAAAARRRGGGHHHHHH!

image

Jadi, jangan putus semangat dulu… kami saja yang amatir ini berhasil dapat visa, apalagi kalian yang sedang baca post ini. Kalian pasti bisa!

– Bersambung –

Iklan

4 thoughts on “Budget Traveling to Seoul (Part 5 – Apply VISA Korea Selatan)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s