Budget Traveling to Seoul (Part 3 – Bikin Paspor? Sendiri Aja…)


Karena ini akan menjadi perjalanan pertama saya ke luar negeri langkah berikutnya adalah saya harus membuat paspor. Saya membuat paspor bulan Oktober 2013, saat itu sistem masih menggunakan sistem yang lama tidak seperti sekarang yang dalam sehari selesai sampai foto dan wawancara.

image

Saya waktu itu datang pertama kali sudah membawa berkas yang diperlukan untuk aplikasi paspor yaitu formulir isian, akte lahir, kartu keluarga dan foto copy KTP depan belakang. Setelah datang ke Kantor Imigrasi di Jl. Suci Bandung saya mendapat nomor antrian yang tidak terlalu jauh. Sekitar pukul 10.00 sudah selesai menyerahkan aplikasi paspor dan diberi tanda terima untuk kemudian datang kembali pada tanggal yang sudah ditetapkan.

image

Kedatangan saya selanjutnya adalah untuk pembayaran paspor sebesar Rp 255.000,00 kemudian foto dan wawancara. Disini antrian mulai terasa agak lama karena harus antri bayar, antri foto dan scan sidik jari terakhir wawancara. Setelah semua selesai saya diberi tanda terima lagi untuk pengambilan paspor saya yang sudah selesai.

image

Betapa senangnya saya ketika ketiga kalinya datang saya sudah bisa mendapatkan paspor saya, sendiri, tanpa calo, hanya bayar Rp 255.000,00. Saya kurang tahu mengenai pembuatan paspor sekarang, hanya saja banyak cerita katanya antriannya di batasi. Tetapi mungkin karena pembuatan paspor langsung selesai sampai foto dan wawancara jadi dibatasi.

Pengalaman teman yang apply baru-baru ini dia datang jam 5 pagi sudah dapet antrian 70 sekian di Kantor imigrasi Jl. Suci. Tapi setahu saya sekarang aplikasi bisa dimana saja tidak harus sesuai domisili. Jika ada teman-teman yang punya pengalaman membuat paspor baru-baru ini, boleh loh cerita-cerita disini. Semoga post ini bermanfaat dan… Seoul, we’re one step closer! Wait for us!

-Bersambung-

Tinggalkan Balasan

