Budget Traveling to Seoul (Part 2 – Berburu Tiket Promo)


Setelah menentukan berapa lama akan melakukan perjalanan di Seoul, hal selanjutnya adalah menentukan kemungkinan tanggal yang akan diambil untuk berburu tiket promo. Saya membuat 15 kemungkinan tanggal yang sekiranya akan kami ambil dan ada 5 tanggal yang akan diprioritaskan. Namanya juga tiket promo kita harus siap dengan banyak tanggal agar bila 1 tanggal sudah habis tiketnya atau mahal kita bisa langsung dengan cepat memasukkan tanggal lain tanpa perlu berpikir lagi.

imageHal penting yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemesanan tiket adalah bila menjadi anggota suatu maskapai penerbangan memudahkan kalian dalam melakukan proses pemesanan tidak ada salahnya untuk menjadi anggota. Kemudian, banyak promo dilakukan lewat internet, maka pastikan internet kalian lancar, pembayaran pun akan lebih mudah bila melalui internet banking atau credit cards jadi persiapkan metode pembayaran jauh-jauh hari sesuai kebutuhan. Tips selanjutnya adalah jangan terlalu fokus pada satu maskapai penerbangan, banyak maskapai menawarkan promo ke banyak destinasi wisata, jadi research is everything. Belum tentu Maskapai A lebih murah dari Maskapai B karena dia berlabel ‘Budget Airlines’, bisa saja Maskapai B punya promo yang lebih menguntungkan kita sebagai pembeli. Pastikan juga nama yang dimasukkan saat pemesanan benar kemudian pertimbangkan baik-baik dan pastikan bila kalian akan pergi ke luar negeri paspor kalian masih berlaku minimal 6 bulan ketika akan melakukan perjalanan.

Untuk perjalanan ke Seoul saya mencoba tiket promo dari Air Asia, karena setelah saya lihat maskapai sebelah harga promonya masih agak mahal untuk kantong kami, jadi setelah banyak research kami bersiap untuk melakukan pemesanan pada April 2013 katanya rute CGK – ICN – CGK hanya dihargai Rp 999.000,00 (hanya harga kursi). Percobaan pertama dilakukan, 10 menit sebelum jam yang ditentukan saat promo dimulai saya mencoba untuk log in, susahnya minta ampun. Setelah berhasil masuk pun saya masih kesulitan untuk booking karena masuk ke waiting list, setelah masuk waiting list dengan harapan bisa langsung booking eh ternyata time out, hahaha. Lengkap sudah pengen nangis kalo engga dapet tiket yang murah. Kunci dari Budget traveling kami adalah tiket pesawat, kalo bisa dapat yang murah itu sangat berpengaruh di biaya perjalanan. Setelah mencoba sampai tengah malam dan selalu gagal akhirnya saya coba tidur dulu karena besok bekerja, saya berencana untuk mencoba kembali jam 3 atau 4 subuh. Setelah berhasil melakukan booking saat subuh ternyata harga tiket sudah melambung. Saya putuskan tidak jadi booking dan mencoba di lain waktu. Semoga promo semacam ini ada lagi.

Doa kami pun terkabul ketika bulan Juli 2013 Air Asia melakukan promo Kursi Gratis lagi dan rute ke Seoul termasuk di dalamnya. Tidak mau gagal untuk kedua kalinya saya sudah log in ke webiste Air Asia sejak pukul 19.00 WIB padahal promo baru mulai pukul 23.00 WIB. Biarlah, daripada susah masuk, ini mungkin kesempatan terakhir saya, pikir saya waktu itu. Laptop siap menemani dengan diputar lagu-lagu penyemangat jiwa (halah), buku penuh tanggal yang akan jadi patokan booking terbuka disebelah laptop, Internet juga sudah siap, doa saya saat itu adalah semoga listrik tidak mati (yang artinya internet saya juga akan mati) dan harga penerbangan di pilihan tanggal kami masuk ke range kami (yaitu dibawah 3juta) karena untuk mendapat harga dibawah 2juta sudah tidak mungkin (itu ada di promo April 2013, jadi promo Juli akan sedikit lebih mahal dari itu).

Ketika waktu promo dibuka, dengan tangan bergetar karena panik saya mencoba memasukkan tanggal-tanggal, hasilnya mahal, ganti tempat pergi dari Jakarta ke Bandung pun hasilnya tetap mahal. Sampai di tanggal 14 April – 22 April 2014 pergi dari Jakarta saya dapat harga termurah saat itu yaitu pergi 1,1juta dan pulang 1,3juta sudah termasuk airport tax, dll. Kemudian setelah memesan untuk 2 orang total semuanya 4,8juta karena pembayaran dilakukan dengan credit card maka ada processing fee sebesar Rp 216.000,00 (untuk 2 orang). Jadi saya harus membayar sekitar 5 juta untuk penerbangan lanjutan CGK-ICN-CGK PP tanpa bagasi dan travel insurance. Kenapa saya melakukan booking tanpa bagasi dan travel insurance? Karena untuk ke Seoul kita perlu VISA dan saya berencana untuk membeli semua itu ketika sudah mendapatkan VISA dari Kedutaan Korea Selatan. Dengan tangan masih bergetar dan rasa tidak percaya saya baru saja booking tiket ke Seoul kemudian saya menghubungi teman saya dan belum bisa tidur hingga beberapa jam karena adrenaline yang masih tinggi setelah tadi berhasil booking tiket, hahaha. Seoul! We’re one step closer!

PS: Diakhir 2013 saya lihat pemesanan tiket promo Air Asia bisa melalui Outlet penjualan tiket Air Asia (tidak hanya melalui website). Untuk yang mau booking mungkin bisa tanya-tanya dulu ke call center mereka.

-Bersambung-

2 comments

  1. mb saya mau tanya,
    1.Mbak kan beli tanpa bagasi, nah setelah visa diterima, bagaimana cara membeli bagasi di air asia yang sebelumnya tiketnya telah kita beli tanpa bagasi?
    2. Apakah ini merupakan connecting flight? jadi tidak perlu lagi mengambil bagasi dari KL ke seoul ?

    • Hai Tiara,
      1. Masuk ke akun airasia kita kemudian pilih pengaturan pembelian (lihat di menu sebelah kiri) disitu bisa menambahkan bagasi, makanan & insurance. Lakukan pembayaran seperti biasa, setelah itu airasia akan mengirim itinerary baru ke email kita (sudah berisi jumlah bagasi yg didaftarkan).
      2. Iya betul, bagasi sudah diberi tag sampai Seoul jadi tidak perlu check-in bagasi lagi di KL.

      Semoga membantu, selamat liburan! 🙂

Tinggalkan Balasan

