Spring @ Gyeongbokgung Palace
Take me there

Travel Fund


celengan telur

Setelah menetapkan hati untuk melakukan perjalanan ke Korea saya mulai menghitung biaya yang akan saya butuhkan untuk mewujudkan perjalanan tersebut. Menurut travel blogger dan penulis, Claudia Kaunang, saya harus menentukan ingin melakukan perjalanan yang seperti apa, budget atau luxury. Saya memilih untuk melakukan budget traveling, karena agar lebih hemat dan bisa nabung untuk perjalanan selanjutnya (amin). Kemudian setelah itu kita harus mempersiapkan 3 dana perjalanan.

1. Biaya transportasi (Tiket Pesawat PP, tiket bus, kereta, kapal, dll selama melakukan perjalanan)

2. Biaya hidup di tempat tujuan (biaya penginapan, transportasi lokal, makan, minum, tiket masuk tempat wisata, dll)

3. Biaya Belanja (termasuk biaya oleh-oleh)

Dengan mengikuti tips diatas saya kemudian mencoba menghitung biaya yang akan saya butuhkan, yaitu :

1. Biaya transportasi (dengan membeli tiket promo) maksimal Rp 3.500.000,-

2. Biaya hidup (dengan sedikit modifikasi dari buku travel Mbak Claudia Kaunang) maksimal Rp 3.500.000,-

3. Biaya Belanja (plus oleh-oleh) maksimal Rp 1.000.000,-

Total Biaya (dengan perhitungan kasar) saya perlu Rp 8.000.000,- untuk melakukan perjalanan ini.

Untuk amannya jumlah Rp 8.000.000,- itu adalah jumlah minimal yang harus ada di rekening (minimal mengendap selama 3 bulan). Setelah baca beberapa cerita blogger yang sudah berhasil traveling ke sana minimal tabungan harus ada 10juta saat tabungan di print untuk keperluan apply Visa. Jumlah itu sebelumnya sudah sudah mulai saya kumpulkan sejak Desember 2012 ini sampai April 2014 (total 17 bulan). Pokoknya untuk perjalanan ini saya inginnya tidak mengotak-atik tabungan yang sudah ada, jadi bikin tabungan sendiri yang saya kasih nama Travel Fund. Rencananya saya akan membuat paspor di bulan Mei 2013, dilanjutkan dengan hunting tiket pesawat promo 😛 di bulan Juli-Agustus 2013 dan Apply Visa di bulan Februari 2014.

Oh iya selain biaya diatas masih ada biaya pembuatan paspor (karena saya belum pernah ke luar negeri) sebesar +/- Rp 300.000,-, Pembuatan Visa Korea Selatan +/- Rp 300.000,- s/d Rp 500.000,- tergantung nanti bikin sendiri atau akan lewat travel agent. Pembuatan surat keterangan dari bank yang katanya ada yang bisa mencapai Rp 150.000,- (karena saya belum pernah keluar negeri sebelumnya) dan terakhir persiapan barang-barang pelengkap yang akan dibutuhkan (sesuai dengan kebutuhan masing-masing traveler). Tetapi biaya perjalanan sebenarnya hanya yang 8 juta, setiap orang mungkin akan berbeda kebutuhannya dan silakan teman-teman sesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Sepertinya masih ada yang kurang? Silakan beri komentar teman-teman di bawah. Terima Kasih 🙂

2 thoughts on “Travel Fund”

Tinggalkan Balasan

