Sumber Vitamin C Selain Jeruk


Jika kita diberi pertanyaan mengenai sumber vitamin C, pasti jeruk jadi jawaban paling pertama keluar dari mulut kita. Sebenarnya tidak salah juga, karena pada dasarnya Vitamin C banyak terdapat pada sayur dan buah terutama buah yang asam, ya seperti jeruk, pepaya dan tomat. Tapi tahukah selain buah yang baru saja disebut Vitamin C juga banyak terdapat pada sayur daun-daunan. Berikut 5 jenis sayur yang bisa jadi alternatif meningkatkan Vitamin C dan harganya lebih murah dari buah-buahan.

  1. Daun Singkong, dengan kandungan 275 mg/100 gr daun singkong, maka daun singkong adalah sumber yang tinggi akan Vitamin C, jeruk saja hanya mengandung 49 mg/100 gr Jeruk. Hampir 5 kali lipatnya.
  2. Daun Katuk mengandung 200 mg (dalam 100 gr Daun Katuk) Vitamin C yang biasanya Daun Katuk ini banyak dikonsumsi oleh Ibu Hamil agar tidak mudah anemia dan lancar menyusui.
  3. Buah Jambu Monyet juga tidak kalah, mengandung 197 mg dalam 100 gr Jambu Monyet sehingga buah ini juga bisa jadi pilihan lain selain jeruk.
  4. Daun Melinjo, biasa ditemukan di sayur asem ternyata juga banyak mengandung Vitamin C, Daun Melinjo mengandung 150 mg Vitamin C dalam 100 gr Daun Melinjo. Jadi kalau masak Sayur asem daun melinjonya ditambah ya πŸ˜€
  5. Daun Pepaya, biasanya daun ini sering dikonsumsi dengan cara di lalap (hanya direbus) tetapi banyak juga yang tidak suka karena daun ini rasanya agak pahit. Bagaimana pun kandungan Vitamin C Daun Pepaya ini 140 mg per 100 gr Daun Pepaya, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba dan mulai menyukai Daun Pepaya ya πŸ˜€

Vitamin C ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi juga mencegah dan menyembuhkan kanker, mencerahkan kulit, rambut yang rontok juga depresi. Hanya berhati-hatilah dalam pemasakannya karena Vitamin C mudah rusak oleh suhu panas juga mudah hilang bila dilakukan pencucian sayuran pada saat setelah dipotong, sehingga baiknya melakukan penyiangan bagian yang tidak diperlukan baru kemudian dicuci dan terakhir dipotong.

Semoga bermanfaat, bila ada pertanyaan silakan beri komentar di tulisan ini, saya akan mencoba untuk menjawabnya. Terima Kasih.

Iklan

One comment

  1. Trmksh skl ats infox, smg kt sll dlm keadaan sht wl afiat.
    Yg mo tykn utk penderita liver n asam urat sebaikx konsumsi pa za ?
    Trksh sblmx ats jwbnx, tlg jwbn d krm k email ja za.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s