Mulai Saat Ini


Akhir-akhir ini saya selalu merasa gemuk, entah karena selama 3 bulan ini saya selalu bersama orang-orang yang bertubuh kecil seimut liliput atau karena memang saya bertambah berat badan. Apapun itu yang pasti saat ini saya akan mulai merubah kebiasaan makan saya, karena dari apa yang saya pelajari sebagai calon ahli gizi salah satu faktor yang menyebabkan kegemukan adalah perilaku diri kita sendiri. Entah itu kebiasaan makan yang banyak ataupun sangat menyukai ngemil ataupun perilaku yang kurang bergerak, kegiatan hanya duduk seharian tanpa pernah melakukan olahraga walupun hanya seminggu sekali.

Saya merasa dengan menjadi lebih gemuk saya menjadi lebih mudah capek, malas bergerak dan saya selalu takut akan resiko penyakit yang menanti saya. Banyak penyakit yang awalnya diakibatkan oleh kegemukan dan adanya penimbunan lemak. Seperti diabetes mellitus, hipertensi, jantung, dislipidemia, hiperkolesterolemia, semuanya sesuatu yang menakutkan bagi saya. Demi menghilangkan rasa takut tersebut saya akan mencoba untuk merubah kebiasaan makan saya.

Sesuatu yang sangat mudah dikatakan tetapi sangat sulit untuk dilakukan adalah merubah perilaku atau kebiasaan kita. Namanya juga perilaku berarti sesuatu yang selalu kita lakukan dalam waktu yang sudah sangat lama sehingga menjadi kebiasaan diri kita dan sangat sulit untuk dirubah. Pelajaran pertama yang sangat penting saya pelajari bukan dibangku kuliah adalah rubah perilaku sedikit demi sedikit. Jangan lakukan perubahan secara drastis karena itu akan menyulitkan bagi yang melakukannya. Bukannya perilakunya berubah, kita malah malas melakukannya. Paling parah adalah kapok untuk melakukannya.

Jadi, dengan rencana saya merubah perilaku makan saya ini hal pertama yang akan saya lakukan adalah mengganti snack saya dengan buah jika tidak ada buah, maka saya hanya boleh minum jus dan air putih. Ini adalah apa yang akan saya coba rubah, biasanya saya banyak ngemil macam-macam keripik, coklat, goreng-gorengan, eskrim, semua makanan yang memang menghasilkan lemak lebih banyak.

Saya siap untuk merubah perilaku makan saya, semoga minggu ini saya bisa melakukannya dengan baik. Minggu depan saya akan bercerita pada teman-teman semua bagaimana ‘jalan menuju sehat’ ala saya. Look forward to it guys…

Be Positive!

Tinggalkan Balasan

